Howto: Bikin ‘Double Kiprok’ di Yamaha Scorpio

kiprok-dioda-pic-1

Berawal dari hasrat terpendam mau bikin headlamp Scorpio bisa melotot terus seperti di Honda Tiger. Tapi gak mau repot, alias mesti ubah macem-macem (hehe).

Untungnya, dapet info dari milis, ada 1 trik mudah-cepat-murah untuk bikin lampu depan Scorpio melotot ( artikelnya Insya Allah menyusul … :D ). Cukup dengan mindahin kabel-kabel di batok lampu, VOILA! … lampu depan Scorpio pun bisa full melotot seperti di Honda Tiger. Karena sekarang arusnya diambil langsung dari aki.

Bek tu topik,  setelah di-tes beberapa waktu, lahdalah, kok aki tekor terus neh. Maklum-lah. Kiprok ori Scorpio arus keluarannya kecil, jadi kayaknya gak cukup buat ngisi listrik ke aki … huehehe.

kiprok-dioda-pic-2

Langsung diskusi dengan salah satu brader di Bogor yang ngerti kelistrikan, solusinya dibikin ala dobel ‘kiprok’. Kenapa kiprok dalam tanda kutip? Karena kiprok satunya lagi bukan kiprok ‘beneran’ untuk motor, melainkan pakai dioda bridge 12 V yang biasa dipakai di perangkat elektronik rumah tangga (salah satunya: TV). Pemasangannya di-paralel dengan kiprok ori motor, yang tujuannya untuk memperbesar arus masuk ke aki.

Kenapa pakai dioda ini, dan gak langsung aja beli kiprok buat motor? Alasannya simpel aja: harganya amat-sangat cengli, cuma Rp 7.500/pc ! (bisa didapatkan di toko-toko elektronik).  Sementara kiprok abal2 untuk motor, kisarannya > Rp 50rb ;) .Jadi kalo pun misalnya cara ini gagal, gak terlalu nyesek di dompet .. :D

Akhirnya motor dibawa ke bengkel langganan (sambil bawa bekal print-out wiring diagram Scorpio). Di-oprek sekitar 30 menit …   langsug beres :) .

Penggunaan kiprok + dioda ini udah berjalan selama seminggu, dengan lampu depan nyala terus pas lagi jalan. Alhamdulillah, electric starter masih tetap tokcer. Berarti pengisian aki sudah aman-terkendali :) .

Cuma, masih ada 1 lagi yg belum ketahuan. Yaitu … berapa lama dioda bridge ini kuat dipakai di motor ;) .

Eniwei, silakan buat yg mo nyoba trik ini. Kalau pun dioda ini cuma tahan 6 bulan pemakaian, misalnya, yaa masih cengli-lah. Khan harganya cuma Rp 7.500 … :D .

Semoga berguna … :)

About these ads

4 responses to “Howto: Bikin ‘Double Kiprok’ di Yamaha Scorpio

  1. bro, boleh minta wiring diagramnya ga?? untuk bisa diaplikasikan untuk lampu HID ga? thanks…

  2. barangkali ada foto pemasangan kiprok sama paralel bridge dioda nya

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s